Prospektus dan Kurikulum Program Studi/Jurusan
(Mata Kuliah Wajib/Pilihan, Prospek Kerja/Karir, Profesi, dan Kompetensi Lulusan)
1. Program Studi S1 Sistem Informasi |
Gelar Lulusan : S.S.I. atau S.Kom. atau S.T. atau S.Si. atau Ir. atau SSI. atau SKom. atau ST. atau SSi. atau Ir.Prospektus S1 Sistem Informasi |
Sistem Informasi bersama-sama dengan teknik informatika, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor bidang Sistem Informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), manajemen sistem informasi dan rekayasa sistem informasi.
Program studi Sistem Informasi menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.
Sistem Informasi sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi yang tidak terlepas dari dunia infomrasi; sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang sistem informasi.
Kompetensi Lulusan S1 Sistem Informasi
Lulusan Program Studi Sistem Informasi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk membuat program sesuai dengan proses bisnis, merancang dan membangun sistem basis data, melakukan pemrograman berbasis Web, berbasis bahasa pemrograman terkini dan tercanggih, rekayasa perangkat lunak, sistem multimedia, merancang dan membangun sistem berbasis objek; mengidentifikasikan kebutuhan jaringan pada suatu organisasi, merancang dan membangun sistem informasi korporasi (enterprise information system), mengelola proyek teknologi informasi dan komunikasi, melakukan audit sistem informasi, e-business, menjadi trouble shooter komputer, dsb.
Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Sistem Informasi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang sistem informasi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di sistem informasi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang sistem informasi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian yang mampu memberikan solusi terintegrasi di bidang E-Business, Corporate Information System, Information Management, Komputerisasi Akuntansi; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi; menjadi manusia berkualitas yang memiliki intelektualitas tinggi, kreatif, inovatif serta peka terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat; dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sistem informasi yang ada di masyarakat, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Sistem Informasi
Sarjana Sistem Informasi dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.
Berkarir/berprofesi sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Tenaga Ahli/Pengajar/Dosen, dsb.
Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang information and communication technology system, business & system analysis, programmer, dsb.
Mata Kuliah S1 Sistem Informasi |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
Mata Kuliah | SKS | Akuntansi Dasar | 2 | Algoritma Pemrograman & Struktur Data | 4 | Aljabar Linier * | 3 | Analisa & Perancangan Sistem Informasi | 3 | Analisa Perancangan Berorientasi Obyek | 3 | Analisa Perancangan E-Bussiness * | 3 | Analisa Proses Bisnis * | 3 | Aplikasi Komputer | 3 | Audit Sistem Informasi * | 3 | Bahasa Indonesia | 2 | Bahasa Inggris 1 | 2 | Bahasa Inggris 2 | 2 | Bahasa Inggris 3 * | 2 | Bahasa Inggris 4 * | 2 | Bahasa Pemrograman * | 3 | Basis Data | 3 | Dasar Pemrograman | 3 | Data Warehouse & Data Minning * | 3 | Database Spesial * | 3 | E-Bisnis * | 3 | E-Commerce * | 3 | Enterprise Information System * | 3 | Enterprise Resource Planning * | 3 | Etika Profesi | 2 | Interaksi Manusia & Komputer * | 3 | IT-Advertasing + Praktek * | 3 | IT-Governance * | 3 | Jaringan Komputer | 3 | Keamanan Sistem Informasi * | 3 | Kerja Praktek | 2 | Kewarganegaraan | 2 | Kewirausahaan | 2 | Kewirausahaan 2 * | 2 | Kewirausahaan 3 * | 2 | Komputer & Masyarakat | 2 | Komputer Grafik | 2 | Komputer Masyarakat * | 3 | Komunikasi Antar Personal * | 2 | Konsep Portal & Manajemen Konten * | 3 | Konsep Sistem Informasi | 3 | Konsep Teknologi * | 2 | Logika Matematika * | 3 | Manajemen Proyek Sistem Informasi | 3 | Manajemen Sains * | 3 | Manajemen Transaksi Basis Data * | 3 | Manajemen Umum * | 3 | Matematika Dasar | 3 |
| | Mata Kuliah | SKS | Metodologi Penelitian Teknologi Informasi | 2 | Mobile Programming * | 3 | Multimedia & Animasi * | 3 | Pemrograman Aplikasi Basis Data * | 3 | Pemrograman Berorientasi Objek * | 3 | Pemrograman Visual * | 3 | Pemrograman Web 1 * | 3 | Pemrograman Web 2 * | 3 | Pendidikan Agama | 2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | Pengantar Akuntansi * | 3 | Pengantar Manajemen dan Bisnis * | 3 | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | Pengembangan Sistem Informasi * | 3 | Pengetahuan Bisnis * | 2 | Perancangan Basis Data * | 3 | Praktikum Algoritma & Pemrograman | 1 | Praktikum Analisa Perancangan Berorientasi Objek | 1 | Praktikum Bahasa Pemrograman | 1 | Praktikum Basis Data | 1 | Praktikum Dasar Pemrograman | 1 | Praktikum E-Commerce * | 1 | Praktikum Jaringan Komputer * | 1 | Praktikum Manajemen Proyek * | 1 | Praktikum Manajemen Proyek Sistem Informasi | 1 | Praktikum Pemrograman Visual * | 1 | Praktikum Pemrograman Web * | 1 | Praktikum Perancangan Basis Data * | 1 | Praktikum Sistem Operasi | 1 | Praktikum Struktur Data * | 1 | Proyek Pengembangan Sistem Informasi | 3 | Rekayasa Perangkat Lunak * | 3 | Rekayasa Sistem Informasi * | 3 | Remote Sensing * | 3 | Seminar Tugas Akhir | 1 | Sistem Akuntansi * | 3 | Sistem Informasi Akuntansi * | 3 | Sistem Informasi Geografis * | 3 | Sistem Informasi Manajemen * | 3 | Sistem Operasi | 3 | Sistem Pengambilan Keputusan * | 3 | Statistika & Probabilitas | 3 | Strategi E-Bisnis * | 2 | Struktur Data * | 3 | Testing & Implementasi Sistem Informasi | 3 | Tugas Akhir (Skripsi) | 5 |
|
|
2. Program Studi S1 Teknik Informatika |
Gelar Lulusan : S.T. atau S.Kom. atau S.Si. atau Ir. atau ST. atau SKom. atau SSi. atau Ir.Prospektus S1 Teknik Informatika |
Teknik Informatika (Teknologi informasi, komputer, internet dan telekomunikasi) merupakan bidang yang paling cepat berkembang dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor, khususnya sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house, konsultasi IT, serta berbagai bidang yang terkait teknologi informasi.
Untuk menghadapi liberalisasi informasi dalam era globalisasi, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang teknologi informasi yaitu bidang teknik informatika.
Teknik Informatika sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, perkembangan berbagai disiplin informasi ilmu, baik sains maupun teknologi yang secara spesifik mengolah fakta-fakta simbolik (data) menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Teknik Informatika mendasarkan pendekatan logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan berbagai masalah.
Kompetensi Lulusan S1 Teknik Informatika
Lulusan Program Studi Teknik Informatika dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan merancang, mengaplikasi dan mengembangkan sistem teknologi informasi dan komunikasi pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Jaringan Komputer (Computer Networking), Software Engineer, Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), Permainan & Program Sistem Tertanam (Game & Embedded System Program), Sistem Database (Data Base System), dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Informatika adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknik informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Teknik Informatika memiliki kompetensi dan keahlian rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, basis data, kecerdasan buatan dan pemrogramman game dan sistem embeded yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi Informasi guna memberikan model solusi sistem berbasis komputer; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Informatika
Sarjana Teknik Informatika dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, dsb.
Berkarir/bekerja pada bidang Sistem Informasi Korporasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Database, Networking, Software, Multimedia, E-Business di Konsultan IT/IS, Perusahaan Telekomunikasi, Industri Manufaktur, Bank, Asuransi dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan Networking, Internet Service Provider, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, dsb), Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, dsb.
Berkarir/berprofesi sebagai Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Artificial Intelligent, Computer Networking, System Support, System Design, Database Administrator, Web Developer & Designer, Game & Embedded System Program, Programmer Analyst, Software Engineer, Tenaga Pengajar/Dosen, dsb.
Menjadi Technoprenuer dengan mendirikan jasa konsultan Information Communication Technology System, Business & system analysis, Software Engineer, Game Developer, Progammer, dsb.
Mata Kuliah S1 Teknik Informatika |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
Mata Kuliah | SKS | Algoritma dan Pemrograman | 3 | Aljabar Linier dan Matrik | 3 | Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek | 3 | Analisa dan Perancangan Perangkat lunak * | 4 | Analisa dan Perencanaan Sistem * | 3 | Aplikasi Komputer | 3 | Aplikasi Multimedia * | 2 | Arsitektur dan Organisasi Komputer | 3 | Bahasa Indonesia dan Tata Tulis Ilmiah | 2 | Bahasa Inggris I | 2 | Bahasa Inggris II | 2 | Bahasa Inggris III * | 2 | Bahasa Inggris IV * | 2 | Bahasa Rakitan * | 2 | Basis Data | 3 | Client-Side Scripting * | 3 | Dasar Komputer | 2 | Dasar Router * | 3 | Data Mining * | 2 | Data Ware House * | 2 | Etika Profesi | 2 | Fisika Dasar | 3 | Fisika Modern * | 3 | Grafik Komputer * | 3 | Hukum Bisnis * | 2 | Intelegensi Buatan * | 2 | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | Jaringan komputer dan Keamanan Data I | 4 | Jaringan Komputer dan Keamanan Data II * | 4 | Kalkulus I | 2 | Kalkulus II | 2 | Keamanan Jaringan * | 3 | Keamanan Komputer * | 3 | Kecakapan Antara Personal * | 2 | Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) | 4 | Kerja Praktek | 2 | Kewarganegaraan | 2 | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis | 3 | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis Lanjut * | 2 | Kimia Dasar * | 2 | Komputer dan Masyarakat | 3 | Komputer Grafik * | 3 | Komunikasi Data * | 3 | Konsep Bahasa Pemrograman * | 3 | Konsep Teknologi * | 2 | Kriptografi * | 3 | Logika Informatika | 3 | Manajemen Jaringan * | 2 | Manajemen Proyek Perangkat Lunak | 3 | Manajemen Proyek Teknologi Informasi * | 3 | Manajemen Transaksi Basis Data * | 3 | Matematika Distrik | 3 | Metode Numerik * | 3 | Metodologi Penelitian Teknologi Informasi | 2 | Microprogramming * | 3 | Model dan Simulasi (Praktek) * | 3 | Multimedia * | 3 | Multimedia 3D dan Animasi * | 2 | Oracle * | 4 | Pemodelan 2D / 3D * | 3 | Pemodelan dan Simulasi * | 3 |
| | Mata Kuliah | SKS | Pemrograman Assembler * | 3 | Pemrograman Berorientasi Objek | 3 | Pemrograman C++ * | 3 | Pemrograman Jaringan * | 3 | Pemrograman P/L SQL * | 4 | Pemrograman Visual Client Server * | 3 | Pemrograman Visual Multitier * | 3 | Pemrograman Web Enterprise * | 3 | Pendidikan Agama | 2 | Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila | 2 | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | Pengolahan Citra * | 3 | Perancangan Basis Data * | 3 | Perancangan OOP + Praktikum | 3 | Praktikum Algoritma dan Pemrograman | 1 | Praktikum Analisa Berorientasi Objek | 1 | Praktikum Bahasa Rakitan * | 1 | Praktikum Basis Data | 1 | Praktikum Dasar Kopumter | 1 | Praktikum Data Warehouse dan Data Mining * | 1 | Praktikum Fisika Dasar | 1 | Praktikum Hardware dan Software | 4 | Praktikum Jaringan | 1 | Praktikum Kecerdasan Buatan * | 1 | Praktikum Konsep Bahasa Pemrograman | 1 | Praktikum Linux | 4 | Praktikum Multimedia | 1 | Praktikum Pemograman Mobile Java * | 4 | Praktikum Pemrograman Orientasi Objek | 1 | Praktikum Pemrograman Web | 1 | Praktikum Perancangan Basis Data | 1 | Praktikum Php MySQL | 4 | Praktikum Pilihan Program Desktop I * | 4 | Praktikum Pilihan Program Desktop II * | 4 | Praktikum Sistem Multimedia * | 1 | Praktikum Sistem Operasi | 1 | Praktikum Struktur Data | 1 | Praktikum Vb.Net * | 4 | Rangkaian Digital * | 3 | Rekayasa Perangkat Lunak I + Praktek * | 4 | Rekayasa Perangkat Lunak II + Praktek * | 4 | Riset Teknologi Informasi | 3 | Seminar Tugas Akhir | 1 | Server-Side Scripting * | 3 | Sistem Basis Data | 3 | Sistem Berkas * | 3 | Sistem Informasi Manajemen | 3 | Sistem Keamanan Komputer * | 3 | Sistem Multimedia * | 3 | Sistem Operasi | 3 | Sistem Perangkat Lunak * | 3 | SQL Server * | 4 | Statistika dan Probabilitas | 3 | Struktur Organisasi Data | 3 | Teknik Kompilasi * | 3 | Teknik Simulasi * | 2 | Teknologi dan Sistem Basis Data* | 3 | Teori Bahasa dan Automata * | 3 | Teori Komputasi * | 2 | Tugas Akhir (Skripsi) | 6 |
|
|
3. Program Studi S1 Kewirausahaan |
Gelar Lulusan : S. Bns atau S. BnsProspektus S1 Kewirausahaan |
Program Studi S1 Kewirausahaan merupakan kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu mengenai daur perkembangan usaha, mulai dari identifikasi peluang, pencarian gagasan kreatif, perencanaan usaha, usaha mula, sampai pengembangan usaha yang inovatif, dengan risiko yang terukur.
Kewirausahaan juga merupakan sebuah disiplin ilmu tentang siklus hidup usaha atau bisnis mulai dari gagasan, perencanaan, hingga menjalankan usaha yang berhasil. Ilmu dasar kewirausahaan mencakup model bisnis, teori inovasi, perencanaan bisnis, penanganan risiko, investasi dan pendanaan, negosiasi dan legalitas bisnis, perintisan bisnis, dan pengembangan bisnis.
Tujuan Pendidikan Program Studi S1 Kewirausahaan
- Menghasilkan lulusan wirausaha (Entrepeneur) dan profesional yang Beriman dan Bertaqwa serta menguasai Iptek dalam bidang bisnis yang menjunjung tinggi kearifan lokal.
- Menghasilkan karya ilmiah dan publikasi di bidang kewirausahaan berbasi kearifan lokal
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat di bidang kewirausahaan berbasis ipek dan kearifan lokal
Kompetensi Lulusan S1 Kewirausahaan
- Mampu merencanakan, mengelola, menganalisa, mengendalikan dan mengembangkan sumber daya bisnis
- Mampu menjalankan dan mengevaluasi fungsi manajemen di level operasional suatu organisasi
- Mampu membuat perencanaan bisnis pemula dan melakukan Pengembangannya
- Mampu membuat studi kelayakan bisnis
- Menguasai Digital Marketing
- Menguasai teknologi digital untuk pengembangan usahanya
- Mampu berkomunikasi dan bernegosiasi dalam bisnis
Profesi dan Karir Lulusan S1 Kewirausahaan
- Kewirausahaan
- Konsultan
- Bidang Keuangan
- Industri Jasa maupun Manufaktur
Mata Kuliah S1 Kewirausahaan |
* = Mata Kuliah Pilihan / Konsentrasi
Mata Kuliah | SKS | Ekonomi Kreatif | 2 | Digital Entrepreneurship 1 | 2 | Design Thinking for Innovation Business | 2 | Bahasa Inggris Bisnis 1 | 2 | Pengantar Manajemen | 2 | Lingkungan Bisnis | 2 | Etika Profesi | 2 | Pengantar Bisnis | 2 | Photopreneurship | 2 | Komputer Bisnis 1 | 2 | Komputer Bisnis 2 | 2 | Online Business Innovation | 2 | Digital Entrepreneurship 2 | 2 | Bahasa Inggris Bisnis 2 | 2 | Pancasila | 2 | Perilaku Konsumen Digital | 2 | Entrepreneurial Forecasting, Planning and Feasibility | 2 | Pendidikan Agama/Etika Muslim Religion | 2 | Pendidikan Agama/ Etika Non-Muslim | 2 | Business Alchemy | 2 | Keahlian Sukses | 2 | Desain Grafis 1 | 2 | Desain Grafis 2 | 2 | Online Business Strategy | 2 | Digital Entrepreneurship 3 | 2 | Entrepreneurial Strategy | 2 | Statistik Bisnis | 2 | Metodologi Penelitian | 2 | Developing New Business Model | 2 | Stategi Pemasaran | 2 | Akuntansi Bisnis | 2 | Multimedia 1 | 2 | Multimedia 2 | 2 | Negosiasi Bisnis | 2 |
| | Mata Kuliah | SKS | Etika Bisnis | 2 | Applied Entrepreneurship 1 | 4 | Strategi Manajemen Operasional | 2 | Manajemen Keuangan Bisnis | 2 | Pendanaan Modal Ventura | 2 | Human Capital Development | 2 | Penelitian Bisnis | 2 | E-Commerce | 4 | Advertising | 2 | Kepemimpinan Digital | 2 | Sistem Informasi Teknologi | 2 | Kekayaan Intelektual | 2 | Kewirausahaan Global | 2 | Kewarganegaraan | 2 | Intrapreneurship | 2 | Perpajakan Digital | 2 | Bahasa Inggris Bisnis 3 | 2 | Bahasa Indonesia | 2 | Broadcasting | 2 | Manajemen Rantai Pasok | 2 | Applied Business Competition | 2 | Komunikasi Bisnis | 2 | Diagnosis Kematangan Bisnis | 2 | Rural Entrepreneurship Innovation | 2 | Belajar Berwirausaha Terpadu | 4 | Social Entrepreneurship | 2 | Bisnis Keluarga dan Kewirausahaan | 2 | Strategi Investasi | 2 | Online Business Design | 4 | Digital Entrepreneurial Design | 4 | Creative Digital Media Design | 4 | Skripsi | 6 | Contemporary Issues in Entrepreneurship | 2 | Applied Entrepreneurship 2 | 4 |
|
|